Senin, 18 Februari 2013

Makan Pelan-pelan Bisa Turunkan Berat Badan

Pernahkah orangtua Anda mengatakan kalau makan pelan-pelan bisa mecegah kenaikan badan? Jika iya, apa yang disampaikannya adalah benar. Para Ahli di WebMD mengatakan, ketika Anda makan dengan perlahan maka perut Anda menyadari kalau itu lebih cepat kenyang. Ketika Anda tahu kalau sudah kenyang, Anda bisa menghindari makan berlebihan.

Sering kali, orang yang makan berlebihan tidak makan pelan-pelan karena terlalu rakus. Orang yang makan berlebihan otaknya tidak punya waktu untuk menyadari kalau sebenarnya sudah kenyang.

Peneliti Alexander Kokkinos, MD, PhD, dari Laiko General Hospital di Athena, Yunani, mengatakan, makan terlalu cepat bisa membuat terlepasnya hormon di usus yang menyebabkan perasaan kenyang. Ini bisa menyebabkan makan berlebihan. Singkatnya, makan terlalu cepat melepaskan hormon usus yang membantu membuat Anda merasa kenyang, sehingga Anda makan berlebihan.

"Sebagian besar dari kita pernah mendengar makan cepat bisa menyebabkan makan berlebihan dan obesitas, dan beberapa studi observasional mendukung gagasan itu".

Ada tiga kategori besar makanan yang menghasilkan asupan yang lebih lambat, yakni makanan padat yang rendah energi, makanan yang bikin sangat kenyang, dan makanan kenyal.

1. Makanan padat yang rendah energi memiliki sedikit kalori, tapi ukurannya cukup besar. Misalnya saja ambil sebuah apel yang memiliki sekitar 95 kalori. Kebanyakan orang mungkin tidak bisa makan lima apel secara utuh. Tapi jika Anda melakukannya, Anda akan merasa kenyang dan telah mengonsumsi kalori kurang dari Big Mac. Namun, makanan padat rendah energi itu memang tak bisa membuat Anda puas. Alhasil, Anda perlu melengkapi makanan Anda dengan jenis makanan ini.

2. Makanan yang bikin sangat kenyang. Makanan yang tinggi serat dan air bisa mengisi perut Anda dan membuat Anda puas tanpa mengonsumsi ekstra kalori dan lemak. Makanan yang bikin sangat kenyang meliputi buncis, brokoli, rasberry, dan banyak lagi.

3. Makanan kenyal. Makanan ini bagus untuk makan perlahan karena memerlukan banyak pekerjaan dan secara alami memperlambat Anda. Daging tanpa lemak, seledri, dan pir adalah makanan kenyal yang sehat yang akan memperlambat Anda.

Berikut tips dan trik untuk makan lambat
  • Letakkan garpu di antara setiap gigitan
  • Gunakan sumpit di saat yang tepat
  • Jangan biarkan makanan penutup di meja ketika Anda makan di rumah
  • Hindari buffet
  • Makanlah makanan sedikit-sedikit. Jangan terburu-buru

0 komentar:

Posting Komentar